Wanita Lebih Cepat Tua? No Worries, Begini Cara Mencegah Keriput di Wajah


Keriput adalah lipatan, garis, atau kerutan yang muncul pada kulit. Tanda utama dari proses penuaan yang menjadi momok bagi setiap orang, terutama wanita, ini umumnya muncul pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti leher, lengan, tangan, terutama wajah. Ada banyak cara mencegah keriput di wajah, mulai dari yang alami hingga dengan menggunakan produk-produk dengan kandungan tertentu.

Menurut Jurnal Aesthetic Surgery, ada dua faktor yang menyebabkan penuaan. Faktor dari dalam yang membuat penuaan alami terjadi adalah ras, genetik, hormonal dan stres. Sedangkan faktor eksternal bisa mencakup paparan sinar UV, konsumsi alkohol, zat adiktif, rokok dan paparan asap rokok, serta penggunaan kosmetik.

Selain yang sudah disebutkan di atas, munculnya keriput juga dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti keturunan, kekurangan melanin, perubahan hormon, dan penurunan berat badan yang drastis.

Wanita lebih cepat tua dibanding pria

Tak sedikit juga studi ilmiah juga mengungkapkan bagaimana gender berpengaruh terhadap kerutan wajah, terutama di area sekitar mulut. Beberapa alasan yang didokumentasikan mengapa wanita lebih cepat keriput daripada pria, antara lain:

  • Pada wanita, kulit di sekitar mulut memiliki lebih sedikit keringat dan kelenjar sebaceous, yang penting untuk hidrasi dan kepenuhan kulit.
  • Wanita juga mungkin memiliki lebih sedikit pembuluh darah di area yang sama.
  • Serat otot yang mengelilingi mulut wanita juga lebih dekat, yang menyebabkan “traksi ke dalam” dan karenanya, kerutan yang lebih dalam.

Ya, penggunaan otot-otot wajah secara berulang-ulang untuk membuat berbagai ekspresi memang bisa memunculkan garis dan kerutan, tapi, bukan berarti Anda jadi malas tersenyum seperti Victoria Beckham, loh. Ini saatnya Anda membutuhkan perawatan yang tepat untuk mengencangkan kulit dan membuat wajah tampak lebih segar dan menarik.

Cara mencegah keriput di wajah

Memasuki tahun baru 2019, Aesthetic Dermal telah meluncurkan produk Reparestim® untuk tampilan kulit yang lebih baru. Seperti Reparestim Relaxskin TD with Bonta 568 yang mengandung Peptide Complex dan Multivitamin, yang bisa menjadi cara mencegah keriput di wajah. Produk ini ekerja mengurangi kerutan, mengencangkan serta melembapkannya, sekaligus menjaga kesegaran kulit lebih lama.

Keunggulan Reparestim Relaxskin TD with Bonta 568 adalah dapat bekerja mirip seperti botulinum toxin alias botox, merelaksasi otot di bawah kulit dengan kadar yang jauh lebih ringan tanpa efek samping. Dapat digunakan sebagai perawatan pascaterapi botulinum untuk memperpanjang efek botulinum itu sendiri.

Nah, di samping perawatan dengan Reparestim Relaxskin TD with Bonta 568, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya, menghindari paparan sinar UV dan polusi, menghindari rokok, berolahraga secara teratur dan tentu saja memulai gaya hidup sehat, ya. Ingat, tua itu pasti, namun menua adalah pilihan.

Salam cantik!